Senin, 04 Januari 2010

Target NASA: Venus, Bulan & Asteroid

WASHINGTON - Ada tiga target yang menjadi opsi NASA dalam eksplorasi ilmiah di masa depan. Tiga target yang akan dipilih NASA tersebut adalah Venus, Bulan dan asteorid.

Ketiga area merupakan hasil akhir pilihan yang telah dirumuskan untuk membantu para agen penelitian luar angkasa menentukan, dimana mereka harus mencurahkan waktu dan dana mereka dalam mendapatkan ilmu paling berharga mengenai sistem tata surya.

Hal ini merupakan bagian dari program New Frontiers NASA yang telah memiliki dua misi yang tengah digarap. Misi pertama adalah New Horizons, yaitu mengirimkan pesawat luar angkasa yang saat ini tengah menuju Pluto dan sejauh ini telah mengirimkan citra yang terlihat dari Jupiter. Yang kedua, disebut dengan misi Juno, yaitu survei tentang Jupiter berskala besar yang akan diluncurkan pada 2011.

Seperti dilansir CNet, Selasa (5/12/2009), untuk misi yang ketiga, terlebih dahulu harus ditentukan mana di antara ketiga pilihan, yaitu Venus, Bulan dan asteroid yang akan menjadi fokus penelitian.

Apabila telah ditentukan pilihan, NASA akan mengucurkan dana sekira USD3,3 juta untuk tiap-tiap misi yang digarap. Dengan demikian, mereka bisa melakukan studi jangka panjang untuk merencanakan misi, biaya, manajemen serta rencana teknis.

Target eksplorasi NASA di masa depan menjadi isu yang ramai diperdebatkan sepanjang 2009 dan hingga saat ini masih terus dibahas. (rah)

0 komentar:

Posting Komentar